Manfaat jus tomat untuk wajah beserta cara membuatnya

Wednesday 24 February 2016

Teman-teman pasti sudah tahu apa itu tomat kan??? itu lho yang biasa ada dipasar-pasat tradisional yang biasanya diserbu ibu-ibu untuk di buat sambal. Dan tahukah teman-teman bahwa tomat ini selain di jadikan sambal tomat yang mantap tomat juga mempunyai manfaat untuk wajah terutama kalau tomat itu di jus.

Manfaat jus tomat
Menurut wikipedia tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Manfaat tomat:


1. Membuat kulit lebih putih bercahaya

Semua wanita ingin mempunyai kulit yang sehat dan bercahaya. Barbagai perawatan dilakukan untuk memperolehnya, bahkan dengan menggunakan obat-obat kimia yang tidak jelas kandungannya. Ternyata kulit yang sehat dan bercahaya dapat diperoleh dengan sederhana jika anda rajin mengkonsumsi buah tomat. Selain alami dan tidak mengakibatkan efek samping, manfaat tomat untuk kulit yang kaya akan nutrisi ini berguna bagi kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah tomat mengandung zat antioksidan yang dapat menambah kolagen kulit dan mencegah kulit menjadi kendur. Kulit yang kencang dan bersih membuat kulit terlihat putih bercahaya.

2. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat di wajah bisa mempengaruhi rasa percaya diri kita. Ada cara yang mudah dan aman untuk mengatasinya. Ambillah satu buah tomat, iris menjadi beberapa irisan. Tempelkan irisan tomat pada wajah dengan ditekan sedikit, agar cairannya keluar dan dapat diserap oleh kulit wajah. Diamkan sampai terasa mengering. Sesudah itu bersihkan dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali sehari secara rutin sampai jerawat hilang.

3. Membuat kulit halus

Konsumsi buah tomat secara rutin dapat menghaluskan kulit. Selain mengkonsumsinya, kehalusan kulit dapat diperoleh dengan membuat masker dari buah tomat dan putih telur. Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air secukupnya sehingga membentuk pasta.

Oleskan masker pada seluruh bagian wajah, biarkan mongering. Bilas wajah dengan air dingin.

4. Mendinginkan kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari dapat didinginkan dan dinetralisir dengan mengompres wajah menggunakan irisan tomat. Tempelkan irisan buah tomat pada wajah, biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Membuat awet muda

Konsumsilah buah tomat secara rutin, baik buah tomat yang masih segar atau pun yang sudah diolah menjadi jus. Dengan kandungan lycopenenya, manfaat tomat bagi kecantikan kulit dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga dapat membuat kita awet muda.

6. Menghilangkan komedo

Buatlah masker tomat dan oleskan pada wajah. Pemakaian yang rutin dapat menghilangkan komedo yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

7. Mengecilkan pori-pori pada wajah

Ukuran pori-pori wajah yang besar dapat memicu timbulnya jerawat. Dengan rajin memakai masker tomat dan meminum jus tomat segar, maka pori-pori wajah yang besar dapat dikecilkan.

8. Melindungi kulit dari radikal bebas

Kandungan zat antioksidan dalam buah tomat dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel dan dapat membuat kulit cepat menjadi tua.

9. Pelindung kulit dari sinar UV

Sinar UV (Ultra Violet) dapat merusak kolagen kulit. Rusaknya kolagen dapat menyebabkan keriput pada kulit wajah. Selain pencegahan luar dengan memakai tabir surya yang dioles pada wajah, konsumsi buah tomat dapat melindungi kulit kita.

Manfaat tomat bagi kecantikan kulit ini dengan cepat membantu tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak dengan sel baru. Dengan demikian kulit tetap kencang dan terhindar dari kerutan.

10. Menghilangkan kantung mata

Banyak hal menyebabkan timbulnya kantung mata. Kantung mata timbul akibat tekanan pada mata yang menyebabkan bagian bawah mata sedikit bengkak dan kelihatan berkantung. Adanya kantung mata membuat kita kelihatan seperti orang yang baru bangun tidur selain itu kita selalu terlihat seperti lesu dan letih.

Perawatan alami dengan buah tomat dapat menghilangkan kantung mata. Tempelkan irisan buah tomat pada mata yang lelah dan berkantung. Selain itu konsumsilah buah tomat yang segar.

11. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Wajah yang berminyak dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Dengan menggunakan masker tomat secara rutin akan mengontrol produksi minyak pada wajah.

12. Mencegah kerusakan sel

Kerusakan sel dapat mengakibatkan timbulnya kerutan pada wajah. Dengan kandungan lycopene dalam manfaat tomat untuk kulit dapat mengatasi masalah ini.

13. Mencegah kulit mengalami kerusakan akibat eksim, kekeringan

Tomat sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Kekeringan pada kulit wajah akan menyebabkan flek-flek pada wajah bisa di hilangkan dengan kandungan tomat yang baik untuk kulit seperti kandungan zat besi, dan vitamin.

14. Menyehatkan kulit kepala

Tidak hanya baik untuk kulit tubuh kita saja. Kulit kepala kita juga akan menerima manfaat ketika kita mengkonsumsi tomat. Kulit kepala yang sehat dapat menyebabkan rambut tumbuh subur dan bercahaya.

15. Mengusir ketombe dari kulit kepala

Ketombe bisa disebabkan karena produksi minyak atau keringat pada kulit kepala. Oles pasta tomat dengan jus lemon pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas dengan air.

Cara membuat jus tomat

Bahan-bahan untuk Membuat Jus Tomat:

Akan ada dua resep yang dibahas, yaitu jus tomat biasa dan jus tomat pepaya. Maka dari itu bahan pun dibagi menjadi dua.

Bahan untuk Jus Tomat Biasa:

***Tomat sebanyak 2 buah
***Madu/susu secukupnya
***Air secukupnya
***Es serut secukupnya

Bahan untuk Jus Tomat Pepaya:

***Tomat sebanyak 4 buah kemudian dipotong-potong
***Nanas sebanyak 200 gram kemudian dipotong-potong
***Pepaya sebanyak 400 gram kemudian dipotong-potong
***Jeruk peras sebanyak 400 ml
***Es serut sebanyak 600 gram

Cara Membuat Jus Tomat:

Cara membuat dibagi menjadi cara membuat jus tomat biasa dan cara membuat jus tomat pepaya.

Cara Membuat Jus Tomat Biasa:

***Bersihkan tomat terlebih dahulu kemudian potong menjadi kecil-kecil.
***Berikutnya masukkan tomat, susu/madu, air, serta es serut ke dalam blender. Setelah itu blender sampai halus.
***Jika sudah tercampur rata, tuangkan ke dalam gelas.

Cara Membuat Just Tomat Pepaya:

***Masukkan semua bahan ke dalam blender, seperti tomat, nanas, pepaya, air jeruk, dan es serut.
***Jika sudah tercampur rata, tuangkan ke dalam gelas dan sajikan.

Mudah sekali kan untuk membuatnya? Bukan hanya dengan pepaya saja, anda masih bisa mencampur tomat dengan jenis buah lainnya. Misalnya seperti rambutan atau apel. Jus tomat bisa anda nikmati kapan saja. Bisa menjadi alternatif pengganti sarapan, diminum di siang hari yang terik, atau sebagai pengganti makan malam. Pastinya sangat sehat untuk tubuh anda. Demikianlah resep jus tomat semoga bisa berguna untuk anda.

0 comments:

Post a Comment